Candi Badut, bangunan monumental yang memiliki nilai plus sendri. Di bangun pada masa Raja Brawijaya, dan Kerajaan Kanjuruhan. Bangunan ini berada di kawasan Dinoyo, Malang, Jawa Timur. Merupakan bangunan Hindu dengan segala ornament dan arsitektur yang ada. Bangunan ini hampir sama dengan Candi Singosari, memiliki tiga bagian dalam bentuk bangunannya, yaitu kaki, badan, dan puncak. Candi ini masih terawat, karena pemerintah setempat benar-benar memperhatikan situs-situs bersejarah, namun bagian pada puncak candi tidak ada karena rusak terlalu parah, dan sebagian dicuri oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Candi Badut memiliki candi perwara, namun hanya tinggal pondasinya saja sekarang ini. Sekeliling bangunan terdapat beberapa batuan dan arca Nandisvara yang masih tertumpuk rapi didepan bangunan ini.

Candi Badut

 

Pada badan candi sebelah utara terdapat arca Durgamahesasuramardini tanpa kepala, namun masih terlhat bagus. Kisah Durga sendiri mengapa bertangan empat dikarena sebuah wujud dari 3 kekuatan trimurti, yaitu Siwa, Brahma, Wisnu. Sebenarnya Durga adalah Dewi Parwati, yaitu istri dari Dewa Siwa, namun karena pada saat itu kahyangan sedang diganggu oleh raksasa yang sangat kuat, dan hanya bisa dibunuh oleh seorang wanita, para dewa Trimurti marah besar dan kemarahannya membuat Parwati berubah wujud menjadi Durga untuk mengalahkan raksasa tersebut.

arca Durgamahesasuramardini

 

Kemudian, Durga melawan raksasa itu dan mengalahkannya. Para dewa dewi di kahyangan berterima kasih pada Dewi Durga. Oleh karena itu, hingga saat ini orang-orang penganut agama Hindu yang ingin mendapatkan sebuah kemenangan mereka menyembah Dewi ini.

Bangunan ini sangat istimewa bagi penulis. Candi ini dijadikan bahan skripsi oleh penulis dengan menganalisis secara morfo-semiotik nama-nama istilah pada bangunan ini. Sampai sekarang proses pencarian data juga masih dilakukan oleh penulis dengan membandingkan candi-candi Hindu lainnya. Tidak hanya itu saja, bangunan yang berada di dataran tinggi Malang ini sangat sejuk sehingga membuat tempat wisata yang bagus untuk dinikmati. Bagi penulis, bangunan ini memiliki kisah abstrak tanpa relief yang menarik untuk dikenang. Sebuah memori yang memberikan semangat bagi penulis untuk segera menyelesaikan kuliahnya.

simbol keindahan dan mantan idola admin

(sorry untuk para pembaca, kalau intermezo nya berlebihan, tapi ini indah ya)