Dangdut is the music of my country. Sudahkan anda pernah dengar kalimat tersebut. Sebuah judul lagu yang diciptakan oleh Project Pop untuk menghargai musik dangdut. Dangdut merupakan satu-satunya aliran musik di dunia. Tidak ada negara manapun yang memiliki aliran musik dangdut seperti yang ada di Indonesia ini. Sebuah trend tersendiri bagi para penikmat musik ini. Banyak anak muda sekarang lebih mencintai aliran musik luar karena lebih modern dan tidak terlihat kuna. Tapi banyak juga kalangan muda yang masih mencintai aliran dangdut. Anggapan musik dangdut sebagai musik kampungan dan kuna ditepiskan dengan slogan dangdut is my style. Dirajai oleh maestro dangdut ternama Rhoma Irama, musik ini sangat nikmat di dengarkan. Penyanyi dangdut tidak hanya Rhoma saja, melainkan masih banyak maestro dangdut yang lain, seperti Meggi Z, Jhony Iskandar, Camelia malik, dll.

Rhoma Irama

Seiring berkembangnya jaman, musik dangdut mengalami banyak perkembangan dalam segi musik maupun gaya pembawaannya. Seperti halnya, gaya koplo yang biasa dibawakan oleh O.M SERA pimpinan Abah Sholeh. Musik yang dibawakan oleh SERA biasanya dikompilasikan dengan gaya modern, seperti pop, rock, reggae, dll. Via Valen, Novi Andarista, Wiwiek Sagita, Nena Fernanda merupakan sebagian dari penyanyi dangdut aliran koplo yang tersohor. Mereka membawakannya dengan kemasan dangduters muda yang bergairah. Tidak heran jika setiap penampilan mereka selalu ditunggu-tunggu para penggemarnya.

Meggie Z

Uut Permatasari

Via Vallen

 Akan tetapi, gaya dangdut koplo ini beberapa ada yang melenceng dari jalurnya. Ada sebagian penyanyi dangdut koplo dengan saweran, sehingga membuat nafsu para penontonnya. Hal seperti itu memang asyik dilihat, tapi tidak seharusnya mereka menampilkan lekukan tubuhnya yang indah. Dangdut merupakan sebuah seni pertunjukkan musik bukan pameran tubuh.

Sebuah gaya hidup merupakan pilihan masing-masing orang, semuanya memiliki hak untuk memilih. Apakah gaya dangdut murni, koplo, atau bahkan yang saweran sekalipun, itu semua adalah pilihan masing-masing. Dangdut merupakan lifestyle tersendiri bagi para peminatnya, dan tetap dangdut is the music of my country.