Candi ini merupakan wisata cagar budaya yang menarik bagi masyarakat. Tat letak candi yang berada di bawah tanah menjadikan candi ini lain daripada candi-candi yang ada di Jogjakarta. Terletak dalam komplek Prambanan, Candi Sambisari juga merupakan bagian yang dikelola oleh PT. Prambanan. Candi ini ditemukan oleh seorang petani yang sedang mencangkul sawah pada tahun 1966. Kemudian pada tahun 1987 dilakukan pemugaran dan rekontruksi ulang candi ini, dan dapat diselesaikan dengan posisi candi di kedalaman tanah 6,5 meter dari permukaan.

classic building

 

Berdasarkan penelitian, candi ini bisa berada di bawah tanah dengan kedalaman 6 meter akhibat letusan gunung Merapi yang terjadi pada tahun 1006. Candi ini di bangun pada abad ke-10 pada masa Dinasty Sanjaya. Candi ini merupakan bangunan Hindu, terlihat dari arca Siwa Mahaguru yang menempati relung, dan Lingga Yoni yang berada dalam bangunan candi. Adanya penemuan prasasti lempengan emas dapat diperkirakan Candi Sambisari di bangun tahun 812-838 M pada masa pemerintahan Raja Rakai Garung dari Kerajaan Mataram Kuno.

underground temple

 

Terdapat 4 bangunan candi yang berada di lokasi ini, yaitu candi inti, dan 3 candi perwara yang berada didepannya. Bangunan pada candi inti masih sangat bagus dan terawatt, arca-arca yang menempel pada dinding candi pun masih lengkap, namun pada candi perwara banguanannya sudah ada sebagian yang runtuh. Pada candi utama, pintu masuk menghadap ke barat dan terdapat tangga dengan bentuk sayap sisi kanan-kirinya, pada ujung tangga terdepan terdapat hiasan relief Makara disangga dua belah tangan makhluk kate. Berbeda dengan candi lainnya, candi ini tidak terdapat pondasi atau pilar penyangga candi sehingga bagian dasar candi juga merupakan pilar penyangga candi.

 Candi Sambisari mempunyai karakteristik yaitu :

–          Candi ini dibangun langsung di atas tanah tidak pada suatu pondasi

–          Badan candi berukuran lebih pendek di banding candi-candi lainnya

Pada saat ditemukan candi ini terkubur dalam tanah. Diduga karena adanya bencana merapi yang dapat mengubur bangunan ini. Tata letak bangunan pada Candi Sambisari sangat indah dan berasa sebuah kerajaan yang terlihat dari atas. Dengan hiasan taman yang mengelilingi candi ini menjadikan tempat wisata bagi para pemuda yang sedang menjalin kasih.

Berikut kilasan singkat jika anda ingin wisata budaya kesana;

Lokasi             : Purwomartani, Kalasan, Sleman

Tipe                 : Bangunan Hindu

HTM               : Rp.2.000,-