Candi ini terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, dan kira-kira sekitar 1 KM kea rah timur Candi Sewu. Candi ini merupakan bangunan Buddha yang terdiri dari dua candi utama yang berdampingan dengan dibatasi tembok. Kedua candi utama ini dinamakan Candi Plaosan Lor yang berada disisi kiri, dan Candi Plaosan Kidul yang berada disebelah kanan. Pada setiap dinding candi terdapat banyak sekali relief ukiran yang menarik, pada bagian selatan candi menggambarkan tentang laki-laki dan yang lainnya menggambarkan tentang wanita. Candi ini juga memiliki keistimewaan sendiri seperti Candi Sambisari yang berada dibawah tanah. Plaosan memiliki candi perwara yang meniru bentuk stupa.

Candi Utama Plaosan

 

Candi Plaosan Lor

Candi Plaosan Lor terdiri dari dua candi utama dengan tinggi 21 meter. Panjang tembok yang mengelilingi candi sepanjang 50 meter dan lebar 14 meter. Di tembok ini terdapat gambar Bodhisattva, Kinnara dan beberapa dewa perempuan.

jalan setapak plaosan

 

Setiap candi mempunyai 6 ruangan yang terbagi dalam 2 tingkat. Di ruangan di lantai bawah terdapat patung Buddha yang terbuat dari tembaga dan patung Bodhisatwa yang dikanan-kirinya, tetapi patung Buddhanya sekarang sudah hilang dan hanya patung Bodhisatwanya saja. Pada lantai atas terdapat relief dan benda yang disucikan, namun kita tidak dapat keatas karena pemugaran bangunan tidak sempurna seperti aslinya.

 

Candi Plaosan Kidul

Candi Plaosan Kidul terdiri dari dua bangunan utama. Sebagian dari Kala Makara didekorasi dengan antefixe dan pintu masuk, yang dihiasi dengan motif tumbuh-tumbuhan.

tetap megah diatara reruntuhan

perwara yang setia mendampingi

 

Mini Info :

–          Lokasi             : Bugisan, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah.

–          Tipe                 : Bangunan Buddha.

–          HTM               : Seikhlasnya.