Seperti kata Bang Oma, masa muda adalah masa yang berapi-api – yang maunya menang sendiri – kalau kalah tak peduli – masa muda. Potongan lirik tersebut menggambarkan jiwa muda yang menggelora dan penuh semangat. Tidak dipungkiri jika usia muda adalah masa-masa yang produktif untuk menghasilkan sebuah karya terbaik. Sebuah karya dari pemuda Indonesia untuk negeri tercinta. Semua tidak semata-mata berjalan mulus seperti adanya. Jiwa labil yang mengiringi kehidupan para pemuda sering mengganggu proses kreatifitas, seperti halnya patah hati, galau, dan unrusan paitnya cinta. Hidup tanpa cinta hampa rasanya, namun hidup hanya untuk cinta hanya akan hancur hatinya. Berikut adalah 6 tips jitu mengendalikan emosi cinta yang membara demi perkembangan dan kemajuan bangsa.

 

6 Tips Mengontrol Emosi Cinta

–          Jangan terlalu suka pada lawan jenis. Untuk membatasinya kita harus mengenalnya lebih jauh dari apa yang kita kira. Apa nilai baiknya dan apakah anda bisa menerima kejelekannya?

–          Konsisten. Dalam kasus ini sering terjadi pada sebuah keorganisasian. Hindari cinta lokasi pada seorang dalam sebuah kepengurusan jika anda bukan orang yang dapat mengontrol emosi. Dikarenakan adanya sebuah cinta lokasi dalam sebuah kepengurusuna atau apapun itu dapat mengganggu kinerja sebuah kepengurusan. Sering terjadinya gagalnya cinta lokasi kemudian dapat merusak sebuah kepengurusan yang ada. Jika anda niat dalam kepengurusan tersebut, maka loyaitas dalam kepengurusan harus diutamakan, namun jika ingin mencari pasangan dalam kepengurusan tersebut, maka jadilah angin yang mengalir, idak terlihat namun dirasakan. Jadi anda tidak mengganggu kinerja dalam kepengurusan tersebut.

–          Tingkat kesibukan tinggi. Maksud kesibukan yang tinggi bukan berarti kita harus mencari pekerjaan dan sok sibuk. Anda cuku melakukan apa yang harus anda lakukan. Misalkan anda sedang ada tugas, maka kerjakanlah tugas tersebut dengan sungguh-sungguh dan menikmatinya, namun jika anda bukan tipe yang memiliki tugas yang banyak maka buatlah diri anda nyaman melakukan sesuatu, seperti hunting foto jika photographer, menggambar jika anda seorang illustrator, bisa juga melakukan hobi yang anda suka, bahkan melakukan apa yang ingin anda lakukan (hal yang positif).

–          Hindari keromantisan. Bukan berarti tidak memperbolehkan untuk melakukan romantis, melainkan jiwa romantisme yang tinggi menimbulkan hasrat yang membara dalam urusan cinta. Untuk mengontrol emosi cinta ini tidak perlu keromantisan, bahkan nonton film drama romantis pun diusahakan jangan. Film dapat dengan mudah mempengaruhi emosi penontonnya, jika anda melihat film romantis dan anda masuk dalam keromantisan tersebut, maka susah sekali untuk mengontrol emosionalnya.

–          Hindari pikiran negatif. Banyak anak muda yang berfikir “dia adalah satu-satunya”, pikiran seperti itu membuat mental kita lemah. Kemudian dampak yang dialami ketika gagal mendapatkannya menjadikan kekacauan dalam hidup, entah malas bekerja, belajar, dan sebagainya. Saya yakin hal ini sudah dimengerti oleh banyak orang, namun tidak sedikit yang bisa menjalankannya. Jalan terbaik untuk menghilangkan pikiran tersebut adalah memperluas pergaulan dari berbagai kalangan. Pergaulan yang luas di berbagai lingkungan dapat memberikan kita gambaran kehidupan yang beraneka ragam, karakteristik seorang yang bermacam-macam, dan yang paling penting anda bisa merasakan kebersamaan dalam setiap saat. Kemudian disaat kamu sudah berfikir positif, maka katakanlah HIDUP INI INDAH DAN BERBAHAGIALAH.

–          Beribadah. Inilah solusi dari segala solusi. Semua usaha yang kita lakukan sebaiknnya ditambah dengan doa. Jika anda orang yang memiliki kepercayaan suatu agama, saya yakin Tuhan anda akan mengabulkan niat dan usaha yang sudah dilukakukan. Amin.

 

 

Don’t try this at home, but let’s do it now.