Bangunan monumental ini terletak di Dusun Gebang, Wedomartani, Ngemplak, Sleman sebelah barat Stadion Maguwoharjo PSS Sleman. Dinamakan Candi Gebang diambil dari nama Dusun tempat ditemukannya Arca Ganesya pada November 1936. Setahun setelah ditemukannya candi ini kemudian dipugar oleh Prof. Ir. F.R. Van Romondt sampai pada tahun 1939. Puncak candi ini berbentuk Lingga Silinder yang ditempatkan pada bantalan Seroja. Pada penelusuran pertama saya kesana, terdapat arca Ganesya disebelah barat atau belakang candi, arca Nandisvara tanpa kepala pada sebelah kiri candi, dan Yoni pada bagian dalam candi. Candi ini merupakan bangunan Hindu yang didirikan oleh seorang raja dari Wangsa Sanjaya, terlihat dari pola bangunan dan arca yang ada pada bangunan tersebut.

Candi Gebang

 

Candi ini tidak memiliki tangga untuk memasuki ruangan inti candi, juga pada dinding bangunan tampak polos tanpa relief dan ornament yang menghiasi. Dengan bentuk seperti itu, Candi Gebang diperkirakan berasal dari periode yang tua (kurang lebih 730-800 M). Bentuk seperti bujur sangkar ini memliki satu bilik berukuran 27,3m atau 5,25m x 7,75m.

Keunikan Candi Gebang

–          Candi Gebang tidak memiliki tangga masuk untuk menuju ke bilik. Diduga bahwa candi ini memang dibangun tidak untuk dimasuki. Jika terpaksa akan dimasuki maka jalan masuk ke bilik dengan menggunakan tangga kayu/bambu.

–          Arca Ganesha yang ditemukan di Candi Gebang mempunyai posisi duduk di atas sebuah yoni tersendiri dan terletak di belakang dinding candi.

–          Puncak candi tidak berbentuk ratna atau stupa, tetapi berbentuk lingga yang ditempatkan di atas bantalan seroja.

–          Pada ke empat sudut halaman candi terdapat lingga patok atau lingga semu.

Mini Info :

–          Lokasi             : Gebang, Wedomartani, Ngemplak, Sleman

–          Tipe                 : Bangunan Hindu

–          HTM               : Rp.2.500,-

Untuk menemukan candi ini sebenarnya tidak sulit, akan tetapi waktu itu penulis sampai nyasar dalam proses pencarian. Kata kunci dalam mencari candi ini adalah perhatikan plang nama dengan seksama. Mulai pudarnya petunjuk ke arah Candi Gebang mengharuskan kita untuk cermat dalam melihat sekeliling sebagai petunjuk. Apabila nyasar dan tidak menemukannya, maka sebaiknya bertanyalah seperti saya.