wayang adalah seni pertunjukkan tradisional yang sampai sekarang masih bisa bertahan dan tetap eksis dalam dunia hiburan. Banyak sekali anak muda yang pura-pura berbudaya namun tidak pernah mengerti dan berusaha untuk tahu wayang itu apa, bagaimana ceritanya, dan seperti apa bentuk para tokoh pewayangan. Bahasa yang susah dimengerti menjadi salah satu alasan bagi para kaum muda untuk saat ini. Bagaimana mau mengerti wayang kalau sudah ada alasan yang kuat untuk tidak mau menontonnya. Saya akan menjelaskan beberapa cara agar bisa menikmati wayang sedikit demi sedikit. Cara jitu untuk suka terhadap wayang sebagai berikut;

  1. Kenali tokoh wayang apa yang anda suka, misalnya anda tertarik pada Werkudara karena dia kuat, maka carilah lakon wayang yang mengisahkan tentang Werkudara, seperti; Nawa Ruci, Dursasana Gugur, dll. Mungkin anda suka terhadap Arjuna karena dia tampan dan banyak istri, maka carilah lakon yang mengisahkannya, seperti; Wahyu Makutara, BIsma Gugur, Karna Tanding, Arjuna wiwaha, dll. Pertama anda cukup melihat tokoh yang disukai dan menyimaknya.
  2. Idolakan salah satu tokoh wayang yang dapat dijadikan inspirasi. Dalam hal ini kebanyakan dari masyarakat muda mengidolakan Arjuna karena ketampanan dan kesaktiannya. Sebenarnya tidak hanya Arjuna saja yang punya paras tampan dan banyak istri. Dalam sebuah kisah wayang, diceritakan bahwa Drupadi istri dari Pandawa mengatakan bahwa Sadewa adalah pemuda tertampan di jagad raya. Kisah tentang Ekalawya juga menunjukkan bahwa sesungguhnya Arjuna tidak dapat mengalahkan kekuatan memanah milik Ekalawya. Sebenarnya tidak semata-mata tokoh Pandawa itu baik, tampan, dan hebat.
  3. Pahami nasihat-nasihat yang terdapat setiap lakonnya. Dalam hal ini, untuk para pemula pecinta wayang, anda bisa melihat di google kisah-kisah wayang yang ada. Jika anda beralasan karena tidak mengerti bahasa yang digunakan, maka bacalah cerita dalam pewayangan. Banyak sekali nasihat juga petuah dalam menjalani hidup di setiap ceritanya. Ketika anda sudah membaca ceritanya dengan pencarian di google ketika anda melihat pentas wayang cukup dengan menyaksikan gerak-gerik wayang dan mencocokkan dengan cerita yang sudah anda baca sebelumnya. Sebaiknya dalam pencarian di google anda juga sekalian melihat setiap gambar tokoh wayang supaya mudah untuk mencocokkan cerita dalam pencarian di internet dengan cerita yang dimainkan oleh dalang.
  4. Untuk cara yang ini, menurut saya adalah cara paling efisien bagi pemula untuk menyaksikan pertunjukkan wayang, yaitu masalah waktu. Mungkin untuk pertama kalinya anda tidak dapat bertahan dengan waktu yang disajikan dalam setiap pentas pewayangan. Jika anda menonton bioskop, dalam setiap filmnya anda menyaksikan kurang lebih 1,5 jam per filmya dengan tempat duduk yang empuk dan AC yang dingin. Untuk pementasan wayang bisa diibaratkan anda melihat 5 film sekaligus dari jam 21.00 – 04.00, dengan fasilitas angin malam yang lebih dingin dari AC. Jika anda tipe yang tidak bertahan lama disini akan dijelaskan jam-jam pembagian pementasan versi penulis.

–          09.00 – 11.00              : antara jam ini anda dapat belajar tentang bentuk tokoh wayang, karena ini merupakan jam pembuka dan biasanya semua tokoh dalam sebuah lakon yang dipentaskan muncul pada bagian pertama. Untuk pertama kali penulis belajar mengerti bentuk wayang selalu dating kisaran jam sekian.

–          11.00 – 01.00              : untuk antara jam sekian biasanya dalam menyelipkan dagelan yang kocak dan dapat membuat para penonton tertawa terguling-guling. Biasanya keluarnya Punakawan sebagai sarana untuk menghibur penonton. Disini dalang juga biasanya mengerjai para sinden dan pemain gamelannya. Cenderung masyarakat suka pada jam-jam sekian dikarenakan sangat menghibur. Selain guyonan disini juga terdapat beberapa wejangan para penonton tentang kehidupan.

–          01.00 – 04.00              : untuk jam segini, cerita wayang sudah mulai serius. Sebenarnya inti dari cerita wayang yang dipentaskan mulai antara jam sekian. Namun dengan kondisi larut seperti ini kebanyakan para penonton sudah pulang atau ketiduran di tempat. Pada inti cerita wayang terdapat banyak sekali pesan kehidupan yang dapat diambil. Mungkin untuk pemula masih sulit untuk menjalaninya, namun akan mudah hingga pada saatnya.

–          09.00 – 04.00              : khusus untuk pecinta wayang sejati.

 

Learn English:

Puppet is a traditional performing arts which still exists until now. Some people have claimed which he likes a culture, but he isn’t want to watching a puppet show with any reason. The puppet language difficult to understand, and the puppet show is a midnight. I’ll to explain the tricks to whatching a puppet show.

  1. Identify the preferred puppet. For example, you like Werkudara characters which has great strength. So, looking the puppet story which Werkudara explains. The story about Werkudara is Nawa Ruci, Dursasana Gugur. Or you like Arjuna characters which has good face. So, looking the the story about it, for example; Wahyu Makutara, BIsma Gugur, Karna Tanding, Arjuna wiwaha.
  2. Select the one of character that makes your inspiration. Many people will be choose Arjuna as an idol because his handsome. No problem if you same with it, but actually many characters better then Arjuna such as Ekalawya, he has a great skill playing of arrow then Arjuna and many other.
  3. Please understand the puppet story, because if you know it, you will curious against the story. For beginner, you can search the story in google search. If you understanded about it, then you fit the story with the puppet show, that will you interest it.
  4. This is a special trick than other. You can whatching the puppet show easier with choose a good times of show. Here, the writer’s give you good time to watching puppet show.

–          09.00 – 11.00              : in this time you can learn a form of puppet. Because the opening of puppet story, the director of puppet show will going to show the form of puppet character in the story. Usually, I use this time at first time to know the character of puppets..

–          11.00 – 01.00              : in this time, you can laugh with the story, because Punakawan appears to show by dalang. And here, you can get the suggestion of life.

–          01.00 – 04.00              : in this time, the main story begins. And the audience come back to home or sleep on the chair.

–          09.00 – 04.00              : only puppet lover still alive.