Ramayana merupakan sebuah kisah cinta sepanjang masa, namun dibalik itu semua terdapat sebuah ajaran tentang kehidupan manusia. Kisah Ramayana diramalkan oleh penulisnya tidak akan pernah sirna dari dunia. Sebuah karya sastra yang agung diciptakan untuk umat di dunia. Cerita mengenai cinta Sang Rama kepada Dewi Sita yang kemudian hubungan mereka di ganggu oleh Rahwana penguasa negeri Alengka. Romansa kehidupan yang sering kita temui di dunia nyata sekarang ini dilukiskan dalam karakter di Ramayana ini. Untuk menjelaskan secara keseluruhan, namun kali ini hanya Rahwana yang akan di paparkan dari sosok raksasa yang menjadi raja Alengka.
Rahwana adalah seorang penguasa negeri Alengka. Dia mempunyai kekuatan yang dahsyat, sehingga dia tidak bisa dikalahkan oleh dewa sekalipun. Rahwana mendapat kekuatan super tersebut karena kesetiaanya dia berdoa kepada Bhatara Brahma, kemudian dia menginginkan bisa hidup abadi. Permohonan tersebut tidak dikabulkan oleh Brahma, kemudian Rahwana berdoa meminta agar dia menjadi sakti dan tak terkalahkan oleh bangsa raksasa dan dewa sekalipun. Karena kesungguhannya Rahwana berdoa pada Sang Brahma, kemudian permintaan Rahwana dikabulkannya. Setelah menjadi kuat berkat anugrah dari Brahma, Rahwana menjadi sombobg dan seenaknya sendiri. Rahwana membunuh siapa yang menentangnya, bahkan di menghajar semua dewa yang berusaha mengganggunya.
Ketika Rahwana sedang berjalan-jalan dia melewati gunung tempat pertapaan Dewa Siwa. Rahwana yang merasa kuat kemudian mengangkat gunung tersebut, namun karena itu Rahwana membuat Siwa maran, kemudian dia menginjak jempol kakinya Rahwana dengan gunung tersebut. Selama bertahun-tahun Rahwana tidak bisa kemana-mana karena terinjak oleh gunung ciptaan Siwa. Hal tersebut membuat Rahwana berteriak karena kesakitan. Rahwana yang merasa tidak bisa apa-apa kemudian dia selalu berdoa dan memohon kepada Siwa agar bisa dibebaskan. Dengan keseriusan dan kesetiaan Rahwana memohon pada akhirnya Siwa membebaskannya dan juga memberi hadiah sebuah senjata bulan sabit kepada Rahwana. Kemudian Rahwana menjadi pengikut setia Siwa dan bahkan melakukan tarian-tarian sebagai pemujaan untuk Siwa.
Rahwana adalah seorang pria yang gagah dan perkasa, dia juga merupakan salah satu idola para wanita. Wanita manapun akan merasa bangga dan bahagia jika dia dinikaho oleh Rahwana. Oleh karena itu Rahwana memiliki banyak istri dan selir. Rahwana bagaikan playboy pada masa itu. Ketika suatu hari mendengar kisah tentang seorang wanita pertapa yang cantik Rahwana mulai meliriknya. Wanita itu bertapa supaya dia bisa berjodoh dengan Wisnu. Namun hasrat Rahwana untuk menikahinya membuat wanita itu menceburkan diri kedalam api, yang kemudian kelak akan nitis menjadi Dewi Sita yang akan menjadi penyebab peperangan antara Rahwana dan Rama yang merupakan titisan Wisnu yang diharapkan oleh wanita pertapa tadi.