Movie: Pirates of Silicon Valley

Director: Martyn Burke

Writer: Paul Freiberger, Michael Swaine, Martyn Burke

Producer: Leanne Moore

Genre: Drama, Biography

Country: USA

Distributor: Warner Bros

Release Date: 20 June 1999 (USA)

Cast:

Untuk mengenang duka kepergian Steve Jobs, kali ini saya berkeinginan mengangkat sepak terjang sosok Jobs dalam dunia IT melalui film Pirates of Silicon Valley. Film Pirates of Silicon Valley merupakan film semi dokumenter yang menceritakan perjuangan dan persaingan awal kelahiran dua perusahaan IT ternama di dunia yaitu Apple dan Microsoft. Di dalam film yang diadaptasi buku Fire On The Valley: The Making of The Personal Computer ini, diceritakan sosok kehidupan Steve Jobs yang sering bertindak gila dan menggunakan acid saat itu (obat terlarang di masa psychedelic awal tahun 70-an). Selain itu, dia juga membenci IBM yang merupakan perusahaan komputer raksasa saat itu. Sementara rekannya, Steve Wozniak, sahabat sejati Jobs yang dipandang sebagai “wingman” Jobs. Hal ini dikarenakan Wozniak senantiasa selalu menjaga dan mem-backup Jobs jika dia telah berbuat terlalu jauh. Alur kehidupan keduanya pun berubah ketika mereka mulai mendirikan Apple Computer Co., di garasi rumah Jobs.

Sedangkan kehidupan Bill Gates digambarkan jika sejak awal sudah tertarik dan akrab dengan program komputer dan mengutak-atik sistem. Salah satunya diperlihatkan ketika Bill Gates dan Paul Allen mampu menciptakan bahasa komputer Altair MITS di Albuquerque. Selanjutnya, hal inilah membuat Bill Gates dan Paul Allen keluar dari kuliahnya di Harvard demi mendirikan perusahaan software-nya sendiri. Mereka percaya jika masa depan ada di software komputer.

Menurut saya setelah melihat alur cerita keseluruhan film ini, sangat terasa jika durasi cerita lebih banyak menyorotkan kehidupan Steve Jobs yang lebih berwarna dibandingkan Bill Gates.

Sedangkan berbicara dari sisi produksi film ini, Martyn Burke menjelaskan jika dia tidak ingin melakukan “biografi resmi” pada Microsoft dan Apple. Sehingga selama pra hingga pasca produksi, Burke memilih untuk tidak berbicara atau bertemu Bill Gates dan Steve Jobs. Mereka lebih memilih melakukan penelitian dibantu tim peneliti Harvard kurang lebih selama tujuh bulan untuk memperoleh informasi. Penelitian tersebut mencakup segala sesuatu yang bisa ditemukan dan diperoleh mengenai sejarah kedua perusahaan tersebut. Selain itu, Burke menegaskan jika setiap adegan dalam film didasarkan realita aktual yang ada, disertai sumber-sumber yang menguatkan.

Martyn Burke menambahkan jika pembuatan film ini bertujuan untuk memperkenalkan Steve Jobs dan Bill Gates sebagai revolusioner sejati akhir 60-an pada dunia. Di masa itu, Jobs dan Gates dipandang sebagai kumpulan orang yang mampu merubah cara berpikir dunia, bertindak dan berkomunikasi melalui yang mereka lakukan. Hal ini ditambahkan menurut Nietzche, dikatakan derajat manusia yang paling tinggi dan hebat adalah dia yang menjadi “The Creator of Values”. Menurut saya, Jobs dan Gates adalah “The Creator of Values”. Hal ini dikarenakan mereka berdua secara independen dapat menciptakan sesuatu dari ketiadaan, serta mengolah sesuatu yang telah ada menjadi sesuatu yang  kini keberadaannya kini dipandang sebagai kebutuhan pokok bagi seluruh manusia di dunia, yaitu melalui pengembangan dunia IT. Jobs yang sukses dengan produk Apple seperti Macintosh, ipod, iphone, dan ipad, yang telah menjadi “trend setter” yang diikuti oleh dunia IT secara khusus, dan retail secara umum. Sedangkan Gates, telah menciptakan  software Microsoft yang mampu menguasai seluruh pasaran IT di dunia.

 

Sinopsis

Film ini dimulai dengan monolog Steve Jobs (Noah Wyle) yang tampak berbicara langsung kepada penonton mengenai film yang akan mereka lihat. Dia menyatakan:

“Aku tidak ingin Anda mengira ini hanyalah sebagai sebuah film, suatu proses yang mengubah unsur elektron dan magnetik menjadi bentuk, gambar dan suara. Tidak..

Dengarkan aku, Kami di sini sedang menciptakan pemikiran baru di alam semesta ini seperti seorang seniman atau penyair. Kami menulis ulang sejarah pemikiran manusia dengan apa yang kita lakukan.”

Monolog Jobs tersebut sebenarnya merupakan perbincangannya dengan sutradara Ridley Scott, yang sedang membuat iklan komersial untuk memperkenalkan Macintosh pertama, yang rencananya akan dirilis 22 Januari 1984. Selanjutnya, diteruskan kilas balik kehidupan masa muda Jobs dan Steve Wozniak, awal sejarah pembentukan Apple hingga sampai terciptanya Macintosh. Masa muda Bill Gates, Steve Ballmer dan Paul Allen, sejarah pendirian Microsoft hingga pertemuan, kerjasama keduanya, yang berujung sebuah konflik yang akhirnya mampu menjadikan Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia sampai saat ini. Dan untuk mengetahui lebih jelas cerita bagaimana strategi bisnis keduanya dalam memanfaatkan peluang, saksikan sendiri filmnya ya!!:)

Film Festivals

  • 1999 Emmy Awards – Outstanding Made for Television Movie, Outstanding Casting for a Miniseries or a Made for Television Movie, Outstanding Single Camera Picture Editing for a Miniseries or a Movie, Outstanding Sound Mixing for a Miniseries or a Movie, Outstanding Writing for a Miniseries or a Movie.
  • 1999: Casting Society of America, USA, Artios, Best Casting for TV Movie of the Week Lisa Freiberger.
  • 2000: Directors Guild of America, USA, DGA Award, Outstanding Directorial Achievement in Movies for Television Martyn Burke.
  • 2000: PGA Awards, Television Producer of the Year Award in Longform Steven Haft, Nick Lombardo

Awards

2000: American Cinema Editors, USA, Eddie for Best Edited Motion Picture Movie for Commercial Television (Richard Halsey)