Indonesia adalah negara kepulauan yang diisi oleh berbagai jenis dan bentuk masyarakatnya. Banyak sekali perbedaan yang terlihat antara satu dengan yang lainnya. Namun, mereka sadar dan tidak memikirkan perbedaan apa yang ada pada mereka, karena sudah mentoleransi itu.

Artian secara tekstual, toleransi adalah rasa saling menghormati satu sama lain. Namun, jika kita lihat dari aspek sejarah dan falsafahnya. Toleransi muncul karena banyaknya sebuah perbedaan yang ada. Di Indonesia, toleransi menjadi nilai penting yang harus dimiliki oleh setiap masyarakatnya karena disini banyak sekali perbedaan yang terlihat. Perbedaan suku, bahasa, dan agama adalah faktor-faktor yang mempengaruhi wujud dari toleransi itu.

Suku yang beragam di Indonesia, bahasa yang bervariasi, serta agama yang berlainan, membutuhkan rasa tolerir yang tinggi supaya terciptanya hidup damai dan sentosa. Toleransi sendiri sebenarnya semacam sebuah penghargaan untuk orang lain. Jika adanya toleransi atau penghargaan antar sesama, maka tidak akan terjadi perpecahan, seperti fenomena-fenomena peperangan antar suku di Papua akhir-akhir ini.

Di Indonesia sendiri termasuk kategori yang memiliki rasa toleransi yang tinggi. Kenapa? Karena jika tidak, maka Indonesia sudah hancur sejak dulu karena banyaknya perbedaan yang ada di kepulauan ini.

Sebenarnya, wujud toleransi sudah bisa kita lihat dari jaman dahulu, ketika para pemuda Indonesia menetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Jika tidak ada toleransi, maka tidak akan muncul bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional. Padahal saat itu para pemudanya banyak sekali yang dari Jawa. Berarti sudah bisa kita lihat toleransi yang sudah ada sejak jaman dahulu.

Dari berbagai uraian di atas, saya berharap supaya Indonesia makin kompak dan memiliki toleransi yang tinggi untuk menjaga kestabilitas negaranya, Indonesia.