Batik saat ini menjadi hal yang sangat penting bagi Indonesia, apalagi setelah penetapan oleh UNESCO bahwa batik merupakan warisan budaya Indonesia. Hal tersebut cenderung agak aneh terdengar karena sebenarnya beberapa negara lain juga memiliki seni pakaian batik, tapi hanya Indonesia yan terpilih sebagaI pemilik identitas batik oleh UNESCO.

Dahulu kala, batik hanya digunakan oleh para kaum bangsawan dan orang keraton. Di Pulau Jawa, perkembangan batik sangat pesat daripada di daerah lain. Hal ini dikarenakan Pulau Jawa sebagai pusat dari Nusantara sekaligus banyaknya kaum bangsawan yang menempati Jawa.

Saat ini, bukan hanya Pulau Jawa, melainkan juga di pulau-pulau lainnya sudah mengembangkan batik. Maklum, setiap hari jumat wajib berpakaian batik oleh Pak SBY setelah peresmian dari UNESCO. Yang paling mengejutkan saat ini adalah batik menjadi salah satu item pemersatu bangsa sekaligus icon budaya.

Orang Indonesia yang selalu suka akan kehebohan kemudian memaksimalkan fenomena ini dengan berbagai cara. Ada beberapa penelitian mengenai batik dengan menggunakan teknologi menscan motif batik dan menciptakan motif baru dengan sebuah software khusus. Hal tersebut sangat kreatif dan membanggakan bagi industri batik maupun sebagai bukti peduli dengan tradisi.

Semoga batik yang ada di Indonesia semakin maju dan kreatif dengan hasil karya, cipta, rasa, dan karsa untuk menghasilkan kreasi yang penuh makna.