Malam ini adalah giliran Pak Amin Rais -mantan ketua MPR semasa pemerintahan orde baru- yang mengisi ceramah sholat taraweh di masjid kampus UGM. Beliau menceritakan tentang apa itu perbedaan dan bagaimana kita harus menghadapi dengan bijak perbedaan itu. Meskipun beliau adalah tokoh penting dalam ormas Muhammadiyah, tapi beliau tetap bisa menjaga silaturahmi dengan ormas lain tanpa menjelek-jelekkan mereka.

Dalam khutbahnya, beliau menerangkan isi ayat dalam Quran yang menuatakan bahwa jangan sampai ada seorang golongan laki-laki diantara kalian menrendahkan atau menghina golongan laki-laki lain di luar golongan kalian, atau sekelompok golongan wanita diantara kalian merendahkan sebagian golongan wanita di luar golongan kalian karena semua itu belum tentu benar adanya. Orang yang mungkin engkau rendahkan justru derajatnya lebih tinggi di mata Allah daripada kalian.

Dengan demikian, isi ceramah taraweh malam ini mengenai toleransi dalam hidup bersosial masyarakat. Jangan sampai ada fitnah ataupun merendahkan satu dengan yang lain. Begitulah isi ceramah selama 20 menit dari mantan ketua MPR RI.